Pengukuhan POKDARWIS Kota Salatiga

Kamis 8 April 2021 bertempat di Gedung Pertemuan Daerah Kota Salatiga, Kepala Dinas Kebudayaan  dan Pariwisata mengukuhkan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kota Salatiga. Pokdarwis yang dikukuhkan memiliki masa bakti dari tahun 2021 sampai tahun 2026. Pada kesempatan ini, Wido Murwadi, M.Pd terpilih menjadi ketua Pokdarwis Salatiga. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf), Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Anggota Pokdarwis, Lurah, Camat serta segenap Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga.

Peringatan Hari Musik Nasional Ke-VIII

Memperingati Hari Musik Nasional VIII, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto SE,MM menyerahkan piagam kepada 10 tokoh yang telah berdedikasi pada dunia musik di Kota Salatiga. Selain itu, Wali Kota sangat mengapresiasi langkah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salataiga yang telah menggandeng para pegiat musik. Dikatakannya, selama satu tahun ini kegiatan mereka terganggu akibat pandemi covid-19. Namun demikian, diharapkan aktivitas bermusik bisa tetap berlangsung meskipun dalam kondisi pembatasan sosial dengan mentaati protokol kesehatan.

“Beberapa waktu lalu sudah bisa kita keluarkan surat rekomendasi bagi para pelaku seni untuk bisa perform saat mendapatkan job di tempat-tempat yang diperbolehkan oleh pihak berwenang. Ini adalah angin segar, mudah-mudahan dengan keterbatasan ini tidak menyurutkan semangat para pegiat musik dalam ikut membangun sumber daya manusia di Kota Salatiga. Saya selalu memberikan ruang kepada siapapun tanpa diskriminasi untuk berekspresi sebagai bagian dari fungsi toleransi,” terang Yuliyanto, pada acara yang diinisiasi oleh DPC Persatuan Artis Penyanyi Pencipta lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Salatiga di pakuwon Rumah Dinas Wali Kota, Rabu 10/3/21.

Sementara itu, Kadisbudpar Kota Salatiga sekaligus Ketua DPC PAPPRI Kota Salatiga Drs Valentino T Haribowo MM menuturkan bahwa Hari Musik Nasional telah dicanangkan oleh Presiden RI pada Tahun 2013, yang ketetapan harinya disesuaikan dengan hari kelahiran pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Supratman pada 9 Maret. Pada peringatan Hari Musik Nasional ke 8 di Kota Salatiga, DPC PAPPRI bersama Wali Kota Salatiga berusaha menghargai para kreator musik dengan menyerahkan piagam, diantaranya untuk Sutrimo Sagita (Alm), Ismono (Alm
), Kristiyono Arta Nada (Alm), Ari Wibowo (Alm), Mamik Melani, Edi Supangkat, Anggun Tri Raka Aji, F Slamet Rahardjo, Jason Vilareal dan Frans Ken Arok.

Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kota Salatiga Tahun 2021-2025

Rabu (27/01) Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kota Salatiga Periode Tahun 2021-2025 bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga.  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Valentino T. Haribowo, M.M selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas terlaksanakanya pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kota Salatiga Periode Tahun 2021-2025. Tim Komite Ekonomi Kreatif terdiri dari 2 tim yaitu Tim Komite Ekonomi Kreatif dan Tim Pelaksana Komite Ekonomi Kreatif. Tim Komite Ekonomi Kreatif beranggotakan Kepala OPD terkait yang bertugas untuk melaksanakan pembinaan dan mengkoordinasikan kegiatan Komite ekonomi Kreatif serta membina ekonomi kreatif Kota Salatiga. Tim Pelaksana komite ekonomi kreatif beranggotakan 31 orang yang terdiri dari akademisi, praktisi, unsur pemerintah dan pelaku usaha kreatif lainya bertugas untuk mengembangkan program secara strategis dan melaksanakan kegiatan ekonomi kretaif Kota Salatiga. Ekonomi Kreatif Kota Salatiga terdiri dari 17 subsektor yaitu :  Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion, Film/animasi, video, Fotograi/periklanan, Kriya, Kuliner, Musik, Aplikasi, Pengembangan permainan, penerbitan, periklanan, Tv/radio, Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.

Penandatanganan SK Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga

Dalam Acara pengukuhan tersebut Yuliyanto, S.E., M.M selaku Wali Kota Salatiga mengukuhkan Komite Ekonomi Kreatif Kota Salatiga Peridoe Tahun 2021-2025 dan dengan di kukuhknya Komite tersebut diharapkan agar pelaku ekonomi Kota Salatiga lebih kreatif dalam membangun pariwisata Kota Salatiga dan diharapkan agar terus didorongya peningkatan ekonomi masyarakat melalui symbiosis mutulisme sehingga bisa menekan angka kemiskinan di Kota Salatiga dan bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Kota Salatiga.

Penandatanganan SK Pengukuhan Ekonomi Kreatif oleh Ketua Komite Ekonomi Kreatif Provinsi Jawa Tengah

Selanjutnya Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kota Salatiga Roy Wibisono Anang Prabowo, S.Si berterimakasih telah dilantiknya komite ekonomi kreatif Kota Salatiga. Beliau sangat bangga bahwa komite ini diiisi oleh akademisi, praktisi, unsur pemetintah dan pelaku usaha kreatif lainya untuk bersatu padu membangun Kota Salatiga.

PEMILIHAN MAS DAN MBAK DUTA WISATA KOTA SALATIGA 2018

DISKEBUDPAR SALATIGA. PEMILIHAN MAS DAN MBAK DUTA WISATA KOTA SALATIGA 2018 yang diadakan di Gedung Pemerintahan Daerah Jalan Pemuda 3.  diadakan pada tangaa 27 sampai 31 agustus 2018. Peserta berasal dari Masyarakat Umum, Pelajar SLTA dan mahasiswa yang berjumlah  40 0rang kegiatan acara meliputi resik – resik kuth, beauty class, kunjungan lapangan, pembekalan materi, test wawancara, test tertulis. malam final dihadiri oleh semua forkopinda dan Walikota salatiga. Pemenang duta wisata adalah Juara I putra = KEVIN ALVARO BIANTORO. Juara I putri = PINGKAN SAKTIANI PINATIS. Juara II putra = SAMUEL FRANDINATA P, Juara II putri = FAJAR PURWANINGSIH. Juara III Putra = DANIEL SAZNAT P dan Juara III Putri = CITRA DWI ACHIKA W.

disbudpar.salatiga.go.id by WTN

 

Pameran ke-5 “Jakarta GPKD Expo 2018”

                               DISBUDPAR SALATIGA : Pameran ke-5 “Jakarta GPKD Expo 2018” dilaksanakan pada Tanggal 26 – 29 Juli 2018 di MALL ARTHA GADING JAKARTA Peserta pameran meliputi kerajinan pengolahan barang bekas, Pakaian , Berbagai macam jenis kuliner yang ada di indonesia dan berbagai macam jenis asesoris pakaian, rumah sampai mobil. Pameran ini diikuti oleh Pemerintah dan Read More

                               DISBUDPAR SALATIGA : Pameran ke-5 “Jakarta GPKD Expo 2018” dilaksanakan pada Tanggal 26 – 29 Juli 2018 di MALL ARTHA GADING JAKARTA Peserta pameran meliputi kerajinan pengolahan barang bekas, Pakaian , Berbagai macam jenis kuliner yang ada di indonesia dan berbagai macam jenis asesoris pakaian, rumah sampai mobil. Pameran ini diikuti oleh Pemerintah dan Swasta  yang ada di indonesia dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sumba, Sulawesi dll yang ada di Indonesia, Pameran ini dihadiri oleh masyarakat Jakarta dan Touris Asing

disbudpar.salatiga. by WTN